Harga Ranjang Rumah Sakit, Lebih Murah Lebih Berkualitas

Ranjang pasien bagi sebuah rumah sakit merupakan sebuah kebutuhan primer yang harus dimiliki. Ranjang yang dibutuhkan untuk setiap rumah sakit pun beragam bentuk dan fungsinya. Terdapat beberapa ranjang yang memiliki teknologi tinggi ataupu ranjang sederhana yang hanya digunakan sebagai tempat istirahat. Hal tersebut yang memberikan variasi terhadap harga ranjang rumah sakit dari harga yang sangat tinggi sampai murah meriah. Namun yang jelas, kualitas yang diberikan merupakan kualitas yang sesuai dengan apa yang ditawarkan.

 

Harga Ranjang Rumah Sakit Sesuai Fungsi dan Kebutuhan

Harga yang ada selalu menunjukkan sebuah hal yang menjadi cirri khas dari barang yang bersangkutan. Hal tersebut juga berlaku untuk sebuah harga ranjang rumah sakit. Ranjang rumah sakit merupakan sebuah ranjang yang memiliki banyak jenis, tipe, dan fungsi. Contohnya saja seperti ranjang bangsal yang dibandingkan dengan ranjang operasi. Ranjang bangsal biasanya hanya digunakan sebagai ranjang tempat tidur tanpa memerlukan teknologi lainnya. Namun untuk jenis ranjang yang digunaka untuk operasi, ranjang memerlukan semua kecanggihan teknologi seperti adanya roda, meja, dan lain sebagainya. Hal inilah yang menjadikan harga setiap ranjang selalu berbeda-beda dari satu dengan yang lainnya.

Harga termahal dari sebuah ranjang rumah sakit biasanya berada pada ranjang jenis acare. Ranjang yang termasuk dalam golongan ranjang elektrik ini menjadi mahal karena banyak fungsi yang melengkapinya. Selain itu, rajang dengan jenis ini, yang biasanya dijual dengan harga mahal yang mencapai dua puluh juta keatas, berharga mahal karena bonus-bonus yang diberikan, seperti tiang infuse ataupun matras tambahan. Di samping itu, saat ini ranjang yang digembar-gemborkan menjadi sebuah ranjang dengan kualitas paling tinggi ini menjadi sebuah barang mewah yang patut dimiliki oleh sebuah rumah sakit karena fungsinya yang sangat banyak dan termutakhir. Sehingga menjadi sangat wajar jika harganya juga mahal.

Jenis ranjang lain yang masih berharga di atas sepuluh juta setiap itemnya adalah ranjang-ranjang elektrik dengan fungsi yang lebih sedikit seperti ranjang bertipe abs. Ranjang ini memang memiliki sedikit fungsi namun karena kegunaannya berbeda maka harganya tetap menyentuh sekitar enam belas juta rupiah. Apalagi untuk ranjang sejenis yang diimpor langsung dari luar negeri, maka harga yang ditawarkan juga akan lebih mahal namun juga setara dengan apa yang diberikan.

Harga ranjang rumah sakit yang lebih murah masuk kedalam kategori ranjang manual. Manual disini biasanya adalah pada sisi pengagkatan bagian atas untuk mendudukkan pasien. Ranjang harus diputar secara otomatis untuk menaikkan serta menurunkan. Selain itu, biasanya di ranjang-rajang manual tidak disertai dengan tiang infuse sehingga ranjag terpisah dengan tiang listrik dan tidak memiliki meja yang biasanya digunakan untuk tempat makan pasien.

 

Penggunaan Bahan yang Berpengaruh

Harga selain dipengaruhi oleh fungsi dan banyaknya kebutuhan yang perlu dilekatkan ternyata juga dipengaruhi oleh penggunaan bahan. Ranjang rumah sakit saat ini jauh berbeda denga dulu. Ranjang rumah sakit di masa lalu lebih banyak mengunakan bahan besi. Namun, saat ini ranjang rumah sakit lebih banyak menggunakan bahan-bahan modern yang lebih minimalis yang nyaman. Penggunaan bahan-bahan yang lebih modern ini juga memiliki pengaruh harga semakin tinggi dan juga harga semakin rendah.

Untuk beberapa jenis ranjang sederhana, penggunaan bahan yang modern dan minimalis berpengaruh terhadap turunnya harga. Namun ternyata penggunaan bahan minimalis lebih memberikan kesa yang simple dan bersih. Lebih dari pada itu, bahan-bahan moder yang minimalis juga lebih ringan sehingga dapat dengan mudah di bawa kemanapun. Hal ini dikarenakan ranjang seorang pasien dibutuhkan untuk dapat dibawa kemana-mana karena pasien akan selalu melalui tahapan pemeriksaan di berbagai tempat yang berbeda.

Namun, di beberapa ranjang, khususnya ranjang elektrik, penggunaan bahan yang lebih modern justru memberikan harga ranjang rumah sakit yang lebih mahal. Hal ini dikarenakan untuk ranjang elektronik, bahan yang digunakan akan lebih diutamakan yang kuat namun ringan serta dapat sesuai dengan fungsi dan kebututuhan yang dibutuhkan oleh pasien dan tim medis lainnya.

 

Ranjang Dalam Negeri Lebih Murah Namun Tidak Murahan

Bukan hal yang asing lagi jika merk-merk impor selalu mendapatkan perhatian lebih. Terutama untuk barang-barang penting. Padahal, di Indonesia produksi berbagai macam barang telah banyak dilakukan. Terlebih kualitas yang ditawarkan juga dapat menandingi kualitas barang-barang yang didatangkan. Dan hal yang lebih penting adalah harga barang di dalam negeri akan bisa menjadi lebih murah dibadingkan barang-barang impor dari luar negeri.

Alat-alat kesehatan di rumah sakit juga merupakan salah satu hal yang pengadaannya masih mempercayai produk dari luar negeri, salah satunya adalah untuk mengadakan sebuah ranjang pasien. Saat ini banyak sekali ranjang pasien yang didatangkan langsung dari luar negeri dengan harga mahal. Padahal, beberapa perusahaan di Indonesia juga telah memproduksi barang serupa.

Jika dilihat melalui brand dan Negara pemroduksi, ranjang impor memang menjadi sangat istimewa. Namun jika dilihat dari kualitas, ranjang pasien impor ini sebenarnya memiliki kualitas yang sama dengan produk local. Ranjang-ranjang pasien keluaran dalam negeri masih mampu bersaing denga kualitas impor dalam hal kualitas. Selain itu, untuk masalah harga ranjang rumah sakit, produk dalam negeri menawarkan harga yang lebih murah namun dengan kualitas yang sama.

Produk dalam negeri bisa menjadi lebih murah karena kondisi lokasi. Dengan kualitas yang sama, pembelian barang di lokasi yang lebih dekat sepertinya menjadi sebuah pilihan yang lebih bagus. Selain itu, barang-barang local tidak akan terkena bea cukai yang akan memberikan tambahan pengeluaran untuk mendatangkan sebuah ranjang pasien. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mencoba sebuah ranjang pasien yang berasal dari dalam negeri yang memberikan harga murah namun tidak murahan.

 

Pembelian Online

Untuk membeli sebuah ranjang rumah sakit, para pengelola saat ini tidak perlu lagi untuk datang langsung ke pabrik atau distributor. Banyak online shop yang dapat menjadi sebuah pelayanan singkat untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit. Hal ini lebih mempermudah untuk memilih ranjang sesuai dengan keinginan.

Di online shop yang menjual ranjang rumah sakit, selain mencantumkan semua spesifikasi dari sebuah ranjang, biasanya website juga mencantumkan harga ranjang rumah sakit terkini yang dapat dibeli. Variasi harga yang berbeda menjadi sebuah kemudahan bagi pengelola untuk memilih. Sehingga pengelola dapat menyesuaikan budget yang ada dengan harga dan tipe ranjang yang diinginkan.

Untuk delivery service, harga ranjang rumah sakit akan menjadi sedikit lebih mahal karena disertai dengan biaya pengantaran. Namun hal ini akan menjadi lebih murah daripada mendatangkan langsung dari luar negeri. Sehingga para pengelola rumah sakit dapat mulai mencoba menggunakan ranjang pasien asli dari dalam negeri.

Share this Post!

About the Author : Cari Beli Harga Murah

0 Comment